Tugas essay informatika bab 2

Pertanyaan:
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perancangan algoritma?
2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawaban:
1. Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas dalam memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukkan dalam jumlah waktu yang terbatas. Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program. Algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
2. a). Pseudocode
pseudocode adalah rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah langkah untuk menyelesaikan permasalahan.
b).Flowchart
WRITE 'R'
WRITE 'O'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'G'
WRITE 'R'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'A'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'M'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'M'
MOVE 'Posisi Awal'
WRITE 'E'
WRITE 'R'
END
Selanjutnya, algoritma tersebut akan digunakan sebagai kode- kode program. Langah-langkahmembuat suatu program robot visual vang mampu kalimat kata / kalimat adalah sebagai berikut
(1) Jalankan program RoboMind.
(2) Untuk memilih map yang sesuai, dari menu File, klik perıntah Open Map. Dialog Kotak Terbuka akan membatasi.
(3) Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini OpenArea. Peta baru akan di jendela RoboMind.
(4) Pada program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Oleh karena itu, perintah untuk menulis huruf tersebut akan ditempatkan dalam bentuk Prosedur sehingga dapat berulang-ulang dan kita tidak perlu kode yang sama berulang kalı. Kode program untuk membuat Prosedur ketiga huruf tersebut adalah sebagai berikut.
(5) Tambahkan kode berikut untuk menempatkan robot di posisi awal untuk menulis huruf I.
(6) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan robot huruf I.
(7) Tambahkan kode berikut, untuk menempatkan robot di urutan awal huruf A.
(8) Tambahkan kode berikut untuk memerintahkan huruf A. Dalam hal ini, kita akan menulis huruf A dengan cara memanggil Prosedur A. (9) Tambahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode program selanjutnya adalah sebagai berikut
(9) Tarmbahkan kode program untuk huruf-huruf yang lain. Kode program selanjutnya adalah sebagai berikut.
(10) Untuk melihat apakah kode program bekerja dengan baik, menjalankan program tersebut. Tampilan program akan tampak seperti pada Gambar 2.4 berikut.
(11) Jika program sudah bekerja dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu.
Tipe data numerik : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa bilangan/angka.
Tipe data string : Hanya digunakan untuk menyimpan nilai yang berupa teks
#character 'A'
paintWhite()
forward(2)
right()
forward(1)
right()
forward(2)
backward(1)
right()
forward(1)
stopPainting()
Move’posisi awal
Write K
Move’posisi awal
Write A
Move’posisi awal
Write N
Move’posisi awal
Write A
Comments
Post a Comment